Selasa, 05 Mei 2015

Kesan-Kesan Saya Membuat Edmodo

Pada tanggal 5 Mei 2015 mata kuliah jam pertama Bapak supriyanto, Spd memberikan materi tentang Edmodo, hal ang paling pertama saya rasakan membuat edmodo sangat sebal karena wiki kampus tidak bisa dipergunakan dengan baik. Jadi, saya mencari materi sendiri dengan cara searching di google, kemudian saya ikuti petunjuk yang ada. Pada akhirnya, saya sangat menyenangkan menggunakan edmodo karena bisa berdiskusi dengan guru dan teman-teman yang lainnya dijejaring sosial sama halnya dengan facebook. Adapun pengertian, kelebihan, kekurangan dan cara mendaftar edmode adalah sebagai berikut:

A.  Pengertian Edmodo
Edmodo adalah jejaring sosial pribadi bagi guru dan siswa dengan platform sosial yang aman. Dengan model kicauan seperti situs jejaring sosial pada umumnya, Edmodo dapat menjadikan jaringan khusus bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, berkas, peristiwa, dan tugas.
Edmodo adalah jejaring sosial dan layanan micro blogging yang di desain khusus untuk dunia pendidikan, yang dapat dioperasikan seperti layaknya Twitter. Dengan membatasi jalan akses ke ruang khusus atau grup, guru dan siswa dapat saling mengirim catatan, link, berkas, pengumuman, tugas dan bertukar informasi di lingkungan yang aman.
Edmodo adalah website yang dapat dijadikan sebuah wadah atau forum diskusi oleh kaum pembelajar yang memiliki tampilan latar seperti Facebook atau Myspace. Pengguna Edmodo dapat membuat profil dan berbincang dengan orang lain yang terhubung dalam website tersebut. Selain itu siswa juga dapat meminta informasi kepada guru tentang nilai atau tugas, dan guru dapat mengunggah nilai siswa dan tugas di dalam web tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk membantu proses pembelajaran, dimana tampilan Edmodo menyerupai tampilan Facebook yang mempermudah dalam penggunaan.

B.   Kelebihan Edmodo

1. Edmodo bisa membantu guru dalam membuat berita dalam grup atau memberi tes yang bersifat online. 

2. Edmodo juga akan memungkinkan siswa untuk mengirim artikel dan blog yang relevan dengan kurikulum kelas sesuai dengan perintah guru. 

3. Guru dapat menggunakan Edmodo untuk mengembangkan ruang diskusi dimana siswa dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya diwaktu yang sama. 

4. Guru juga dapat menggunakan Edmodo untuk menginstruksikan, menetapkan, dan membicarakan dengan siswanya secara online diwaktu yang sama secara bersamaan.

5.  Mudah untuk mengirim berkas, gambar, video dan link.

6. Mengirim pesan individu ke pengajar .

7. Membuat grup untuk diskusi tersendiri menurut kelas atau topik tertentu. 

8. Lingkungan yang aman untuk peserta didik baru.

9. Pesan dirancang untuk lebih mudah dipahami dan tidak dibatasi oleh jumlah karakter.

.

C.   Kekurangan Edmodo

  1.  .     Tidak mempunyai pilihan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa,  komunikasi sesama siswa berlangsung secara global di dalam grup tersebut. 
  2.  .   Tidak adanya fasilitas chat seperti yang terdapat pada jejaring sosial (Facebook, tuenti dan myspace) pada umumnya yang menerapkan area untuk chating secara langsung. 
  3.  .     Tidak adanya foto album dan fasilitas tagging seperti jejaring sosial lainnya, Edmodo hanya bekerja dengan file tipe generik dan tidak mengijinkan tagging. 
  4.          Tidak menerapkan beberapa halaman atau view yang dapat dilihat oleh user. 
  5. .        Struktur Edmodo adalah pendidikan informal, walaupun begitu urutan dari konten pada rangkaian materi bisa dijelaskan secara terbuka.
  6.            Ganguan pada koneksi internet dapat mempengaruhi website berjalan lebih lambat.
  7.       Siswa dibatasi aksesnya untuk keluar, karena hanya terbatas di kelas tersebut.
  8.            Masih dalam versi pengembangan dan belum sempurna seutuhnya.


D.   Cara mendaftar edmodo

1.      Pendaftaran Guru 

Membuat akun di Edmodo sangat mudah, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol   “I’m a Teacher” untuk membuat akun baru sebagai seorang guru. Isi form registrasi dengan data-data yang valid, lalu pilih tombol “Sign Up” sebagai pelengkap proses pendaftaran. Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui email, disertai petunjuk langkah selanjutnya untuk mengatur akun Edmodo Anda. 

 

2.    Pendaftaran Siswa 

Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari guru mereka. Sekali mereka mendapatkan kode grup ini, mereka dapat dengan mudah membuat akun di Edmodo dengan memilih tombol “I’m a Student” Baris pertama dalam form pendaftaran siswa akan menanyakan 6 digit kode grup yang harus diisikan. Setelah itu siswa harus mengisi username dan  password yang bersifat unik. Dalam hal ini sarankan siswa untuk menggunakan nama depan ditambahkan sesuai yang unik dibelakangnya. Untuk baris firstname dan lastname, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa ini, alamat email tidak diharuskan diisi sehingga dapat diisi atau dikosongkan saja. Setelah semua baris telah diisi, silahkan pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran dapat diproses. 

 

3.    Pengaturan Akun 

Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan/notifikasi, mengatur keamanan, dan mengatur informasi profil. Untuk pergi ke pengaturan tersebut, silahkan pilih “Account” yang berupa menu drop down yang terdapat di pojok atas sebelah kanan halaman depan Edmodo Anda. 


Sekian cerita pengalaman saya selama membuat edmodo.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar